PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

zulaikah, Siti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI ZULAIKAH 23060180044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Giving Question and Getting Answer (GQGA). (2) mengetahui pengaruh model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan hasil Belajar IPA. (3) mengetahui besar pengaruh model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil Belajar IPA. Jenis penelitian kuantitatif dengan eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa hasil belajar pre-test dan post-test. Populasi kelas 7 ialah sebanyak 113 siswa. Sampel yang digunakan ialah kelas VII B dan VII C SMP Negeri 2 Kemusu. Pengujian hipotesis dengan uji koefisien korelasi, regresi linier, dan koefisien determinan. Hasil belajar IPA nilai rata-rata Pre-Test kelas eksperimen 46,22 dengan nilai tertinggi 84 terendah 12 dan rata-rata kelas kontrol 45,57 dengan nilai tertinggi 72 dan terendah 16. Nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen 85,04 dengan nilai tertinggi 96 terendah 76 dan rata-rata kelas kontrol ialah sebesar 70,77 dengan nilai tertinggi 88 terendah 56.Terdapat pengaruh antara model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan hasil belajar IPA. Besar pengaruhnya ialah senilai 30,7%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2023 01:28
Last Modified: 11 Feb 2023 18:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item View Item