PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MEDIA GAME MONOPOLI PADA SISWA KELAS 8B MTS MUHAMMADIYAH 4 MOJOGEDANG TAHUN PELAJARAN 2022

WAQIDAH, ALFIYAH NURUL (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA LAINNYA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MEDIA GAME MONOPOLI PADA SISWA KELAS 8B MTS MUHAMMADIYAH 4 MOJOGEDANG TAHUN PELAJARAN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Alfiyah Nurul Waqidah 23010180027-.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya di kelas 8B MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang masih terbilang rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan metode dan media yang kurang menarik dan aktif, menjadikan mudah bosan dan siswa kurang aktif. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode koopratif jigsaw dan media game monopoli untuk meningkatkan semangat dan keaktifan siswa. Rumusan masalah: Bagaimana penerapan metode koopratif jigsaw dengan media game monopoli dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya pada siswa kelas 8B di MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang tahun 2022. Yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya di kelas 8B MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menghasilkan dua siklus. Di mana setiap siklus terdiri dari empa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas 8B MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang. Dan objeknya adalah peningkatan hasil belajar dari penggunaan metode koopratif jigsaw dan media game monopoli pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode koopratif jigsaw dan media game monopoli dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa kelas 8B MTs Muhammadiyah 4 Mojogedang. Siswa yang tuntas pada siklus I berjumlah 24 siswa atau 75%, sedangkan nilai tidak tuntas berjumlah 8 siswa atau 25% dan nilai rata-rata 82,03. Dan siklus II berjumlah 29 siswa atau 90,63%, sedangkan nilai tidak tuntas berjumlah 3 siswa atau 9,37% dan nilai rata-rata 88,9.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2023 14:29
Last Modified: 13 Feb 2023 10:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15908

Actions (login required)

View Item View Item