IMPLEMENTASI UU NO 52 TAHUN 2009 TERHADAP PERAN ISTRI TNI AD DALAM MEMELIHARA KETAHANAN KELUARGA (Studi Deskriptif Fenomema Istri Prajurit Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/ Pandawa Kota Salatiga)

Nollima, Alih Tugas Abdi (2023) IMPLEMENTASI UU NO 52 TAHUN 2009 TERHADAP PERAN ISTRI TNI AD DALAM MEMELIHARA KETAHANAN KELUARGA (Studi Deskriptif Fenomema Istri Prajurit Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/ Pandawa Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ALIH TUGAS ABDI N (33010180100).pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Istri, dan Ketahanan Keluarga Sebuah kehidupan berkeluarga, suami istri memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi dan dilaksanakan oleh keduanya. Hak dan kewajiban tersebut merupakan realisasi dari sebuah peran, tugas dan peran suami istri dalam mengatur kehidupan berumah tangga. Upaya dalam memelihara Ketahanan Keluarga pada peran Istri Tni di Asrama Yonif MK 411/Pandawa sangatlah beragam, dimulai dari peran istri dilingkup domestik dan peran istri dilingkup publik. Salah satunya peran istri ketika di tinggal penugasan suaminya dimedan tugas, yang mencangkup mengenai masalah faktor Ketahanan Fisik, faktor Ketahanan Sosial, dan faktor Ketahanan Psikologis, dari ketiga faktor tersebut tertuang pada Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, adapun peneliti dapat merumuskan kedalam 2 (dua) pertanyaan sebagai berikut; 1. Apa Peran Istri TNI AD Dalam Memelihara Ketahanan Keluarga Pada saat Penugasan Suami di Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/ Pandawa Kota Salatiga? 2. Bagaimana Peran Istri TNI AD Dalam Memelihara Ketahanan Keluarga Pada saat Penugasan Suami di Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/ Pandawa Kota Salatiga Perspektif Hukum Positif? Terkait dengan pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian Kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Dengan metode yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif atau penelitian lapangan (Field Research) dengan melalui sebuah wawancara dan dokumentasi yang melibatkan Istri Tni di Asrama Yonif MR 411/Pandawa Kota Salatiga Perspektif Hukum Positif. Penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil yakni, Ketahanan Keluarga yang dimiliki oleh setiap keluarga Anggota TNI AD di Asrama militer 411/Pandawa Kota Salatiga menuai hasil yang sangat beragam yang dipengaruhi oleh aspek ketahanan fisik, ketahanan sosial, dan ketahanan psikologis yang di implementasikan pada masing-masing kondisi keluarga. Meskipun terdapat perbedaan pada ketahanan keluarga Anggota TNI tidaklah memberikan dampak untuk terwujudnya keutuhan keluarga mereka. Para Istri TNI dapat melalui dan mempertahankan keutuhan keluarganya. Ketahanan Keluarga pada keluarga Anggota TNI AD ditinjau melalui Implementasi UU No. 52 Tahun 2009 telah terpenuhi dengan semestinya dan Adapun karakteristik khusus yang terdapat dari pasangan suami istri yang sama-sama berprofesi sebagai Abdi Negara (TNI dengan POLRI).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2023 16:44
Last Modified: 13 Feb 2023 16:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15910

Actions (login required)

View Item View Item