PENGARUH LEVERAGE, KECUKUPAN MODAL, OPERATIONAL EFFICIENCY RATIO, KARAKTERISTIK DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN ISR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2021)

ARISKA, NURUL (2023) PENGARUH LEVERAGE, KECUKUPAN MODAL, OPERATIONAL EFFICIENCY RATIO, KARAKTERISTIK DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN ISR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
DONE SKRIPSI ARISKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Leverage, Kecukupan Modal, Operational Efficiency Ratio, Karakteristik Dewan Pengawas Syariah Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Isr Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2021). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai alat analisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu sebanyak 15 bank, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh 11 bank yang diteliti. Penelitian ini mengguakan data sekunder berbentuk data panel dari laporan keuangan tahunan bank terkait yang dipublikasikan pada website resmi masing-masing bank. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan software Eviews versi 10. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah Leverage, Kecukupan Modal dan Operational Efficiency Ratio (OER) berpengaruh negatif terhadap Kinerja Keuangan sedangkan Karakteristik Dewan Pengawas Syariah berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan. Hasil uji moderasi pada penelitan ini adalah ISR dapat memoderasi Leverage terhadap kinerja keuangan, ISR tidak dapat memoderasi pengaruh Dewan Pengawas Syariah terhadap Kinerja Keuangan, ISR dapat memoderasi Operational Efficiency Ratio (OER) terhadap Kinerja Keuangan, ISR tidak dapat memoderasi Dewan Pengawas Syariah terhadap Kinerja Keuangan. Kata Kunci : Leverage, Kecukupan Modal, Operational Efficiency Ratio (OER), Dewan Pengawas Syariah dan Kinerja Keuangan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2023 20:40
Last Modified: 13 Feb 2023 13:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15923

Actions (login required)

View Item View Item