IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN ISTRI PEKERJA PABRIK DALAM MENJAGA KEHARMONISAN KELUARGA PERSPEKTIF QIRA'AH MUBADALAH ( Studi Pada Karyawan Pabrik Rokok PT. Sampoerna di Pacitan)

PALUPI, SEPTIANA EKA (2023) IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN ISTRI PEKERJA PABRIK DALAM MENJAGA KEHARMONISAN KELUARGA PERSPEKTIF QIRA'AH MUBADALAH ( Studi Pada Karyawan Pabrik Rokok PT. Sampoerna di Pacitan). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SEPTIANA EKA PALUPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Palupi, Septiana Eka.2022. Implementasi Hak Dan Kewajiban Istri Pekerja Pabrik Dalam Menjaga Keharmonisan Keluarga Perspektif Qira’ah Mubadalah (Studi Pada Karyawan Perempuan Pabrik Rokok Pt. Sampoerna Di Pacitan). Skripsi. Fakultas Sayri’ah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing. Ahmadi Hasanuddin Dardiri, M.H Kata Kunci: Implementasi Hak dan Kewajiban, Pekerja Pabrik, Ketahanan Keluarga. Ketahanan keluarga merupakan kecukupan dan kesinambungan akses suatu keluarga terhadap pendapatan dan sumber daya agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti pangan, air bersih, pelayanan kesehatan, pendidikan, perumahan, partisipasi di dalam masyarakat, dan integrasi sosial. Namun ada beberapa pasangan yang belum sesuai dengan fiqih mubadalah, dikarenakan ada beberapa yang penghasilannya tidak seberapa sehingga istri bekerja di luar rumah sebagai karyawan Pabrik Rokok PT. Sampoerna. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan ke dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: Bagaimana implementasi hak dan kewajiban istri yang bekerja sebagai karyawan pabrik rokok? Bagaimana analisis hak dan kewajiban istri bekerja sebagai karyawan pabrik rokok perspektif Fiqih Mubadalah?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan analisi data yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, istri yang bekerja di luar rumah sebagai karyawan Pabrik Rokok PT. Sampoerna, ada hak yang belum terpenuhi dikarenakan penghasilan dari suami yang tidak seberapa dan pada akhirnya istri memutuskan untuk bekerja sebagai karyawan pabrik, akan tetapi istri yang bekerja di luar rumah bertujuan untuk membantu suami. Dan untuk haknya sendiri ada sebagian istri yang belum terlaksana dengan baik, dikarenakan pihak PT yang mengharuskan berangkat pagi dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga menjadi tidak terlaksana dengan baik. Kedua, analisis hak dan kewajiban istri belum terpenuhi dan belum terlaksana dengan baik dalam kriteria teori mubadalah. Dikarenakan istri yang bekerja di luar rumah untuk membantu suami sehingga hak dan kewajiibannya tidak terpenuhi dan belum terlaksana dengan baik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2023 21:02
Last Modified: 13 Feb 2023 21:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item View Item