STRATEGI PUBLIC RELATIONS BAGIAN HUMAS PEMERINTAH KOTA SALATIGA DALAM MENGELOLA KEBERAGAMAN AGAMA DI KOTA SALATIGA

, Umi Zar'in (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS BAGIAN HUMAS PEMERINTAH KOTA SALATIGA DALAM MENGELOLA KEBERAGAMAN AGAMA DI KOTA SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
UMIZAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zar’in, Umi. 2022. Strategi Public Relations Bagian Humas Pemerintah Kota Salatiga Dalam Mengelola Keberagaman Agama Di Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd., M.Si. Kata Kunci: Keberagaman Agama, Public Relations dan Strategi Penelitian ini mempunyai tujuan yang hendak dicapai yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana Strategi Public Relations Humas Pemerintah Kota Salatiga. 2. Untuk mengetahui bagaimana stategi Public Relations Humas Pemerintah Kota Salatiga dalam mengelola keberagaman agama yang ada di Salatiga, serta faktor pendorong dan penghambat dalam meningkatkan keberagaman agama di Salatiga. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara dengan Humas Pemerintah Kota Salatiga, Kemudian data sekunder yakni berupa hasil informasi baik buku, jurnal, internet, artikel, majalah atau koran, serta hasil penelitian lainnya guna untuk pengecekan triangulasinya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi Public Relations yang ada di Humas Pemerintah Kota Salatiga yaitu dengan melakukan komunikasi ke dalam maupun ke luar (komunikasi internal dan komunikasi eksternal). Strategi yang kedua yaitu dengan melihat sasaran komunikasinya. Seperti yang dikatakan oleh Harold Lasswell bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan proses komunikasi adalah dengan menjawab petanyaan: Who, Says what, In Which Channel, To Whom, With What Effect. Humas Pemerintah Kota Salatiga melakukan strateginya yaitu dengan melihat terlebih dahulu sasaran yang akan dituju, dengan begitu Humas akan bisa menganalisis dengan media apa yang cocok untuk menyampaikannya sehinga pesan atau komunikasi yang dilakukan menjadi lebih efektif, tepat sasaran dan ada timbal baliknya. 2. Strategi Public Relations Humas Pemerintah Kota Salatiga dalam mengelola keberagaman agama di Kota Salatiga yaitu dengan cara selalu menjaga pluralisme agama, tidak membeda-bedakan agama satu dengan yang lainnya, selalu memberikan informasi atau materi terkait keberagaman agama baik secara langsung maupun media sosial. Tidak hanya itu, Humas pemerintah Kota Salatiga juga bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta memberi bantuan dana hibah kepada FKUB untuk menunjang program kerja FKUB. Terbukti bahwa humas sering melakukan kegiatan-kegiatan berbasis keagamaan, dan berbasis multikultur. Sehingga masyarakat semakin menyadari peran yang sesuai dengan masing-masing kepercayaannya. Hal ini menjadikan tingkat kriminalitas sangat minim sekali di kota Salatiga. Tentu humas kota salatiga juga bekerja sama dengan pihak-pihak yang terkait.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2023 17:30
Last Modified: 14 Feb 2023 13:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15940

Actions (login required)

View Item View Item