PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN RISIKO TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN AKSES PERMODALAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi Pada UMKM Kampung Singkong Salatiga)

Anggraeny, Andini Joys Alvionita (2023) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN RISIKO TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN AKSES PERMODALAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( Studi Pada UMKM Kampung Singkong Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Naskah Skripsi_Andini Joys AA_63030180120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, kualitas sumber daya manusia, dan keputusan pengambilan risiko terhadap kinerja UMKM dengan akses permodalan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample dari penelitian ini adalah 32 pemilik UMKM kampung singkong di Kota Salatiga dan menggunakan pengujian path analysis. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa corporate social responsibility terhadap akses permodalan dan kualitas sumber daya terhadap akses permodalan tidak berpengaruh . sementara keputusan pengambilan risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap akses permodalan. Akses permodalan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM. Corporate social responsibility terhadap kinerja UMKM dan kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja UMKM tidak berpengaruh. Sementara keputusan pengambilan risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Akses permodalan mampu memediasi corporate social responsibility terhadap kinerja UMKM. Akses permodalan tidak mampu memediasi kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja UMKM. Akses permodalan mampu memediasi keputusan pengambilan risiko terhadap kinerja UMKM. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Kualitas Sumber Daya Manusia, Keputusan Pengambilan Risiko, Kinerja UMKM dan Akses Permodalan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2023 18:29
Last Modified: 14 Feb 2023 11:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item