PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada BAZNAS Kota Salatiga)

Setyowati, Iska Rindri Kurnia (2023) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada BAZNAS Kota Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ISKA RINDRI KURNIA S (63020180036) EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendapatan, kualitas pelayanan dan kepercayaan dengan religiusitas sebagai variabel moderating terhadap keputusan muzakki membayar zakat di BAZNAS dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada Muzakki BAZNAS Kota Salatiga. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95 responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis SPSS versi 23. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji T, uji F, uji R2, dan uji analisis moderasi dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa tingkat pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan dalam membayar zakat. Kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat. Religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membayar zakat. Hasil uji Regresi Moderasi (MRA) menunjukkan bahwa religiusitas tidak memoderasi tingkat pendapatan, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2023 16:26
Last Modified: 15 Feb 2023 11:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15954

Actions (login required)

View Item View Item