PENGARUH NET OPERATING MARGIN (NOM), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN EKUITAS TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2016-2021)

Sari, Maya Novita (2023) PENGARUH NET OPERATING MARGIN (NOM), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN EKUITAS TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN DANA PIHAK KETIGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2016-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI MAYA NOVITA SARI 63010180083.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Net Operating Margin (NOM), Financing To Deposit Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Ekuitas Terhadap Pembiayaan Murabahah Dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2016-2020). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai analisis data. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh 9 Bank Umum Syariah yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk data panel dari annual report bank yang dipublikasikan di website resmi. Analisis yang digunakan analah analisis linear berganda dengan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa NOM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembiayaan murabahah, FDR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembiayaan murabahah, CAR berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan murabahah, ekuitas berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Hasil uji moderating menunjukkan DPK tidak mampu memoderasi NOM dengan pembiayaan murabahah dan DPK mampu memoderasi FDR, CAR, ekuitas terhadap pembiayaan murabahah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2023 22:33
Last Modified: 15 Feb 2023 22:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item