PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PENGEMBANGAN POTENSI PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

NI'MAH, ULFI NUR SYAFA'ATI (2023) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PENGEMBANGAN POTENSI PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI KOTA MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PAI_ULFI NUR SYAFA'ATI NI'MAH_23010180149.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bentuk pendidikan karakter religius dan pengembangan potensi 2) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter religius dan pengembangan potensi 3) Implementasi dari pendidikan karakter religius dan pengembangan potensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik, orang tua siswa, dan juga peserta didik SLB Negeri Kota Magelang. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik supaya mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pendidikan karakter religius dan pengembangan potensi pada anak tunarungu di SLB Negeri Kota Magelang dimensi religius yang diajarkan sendiri adalah dimensi keyakinan, praktik/peribatan, dan pengetahuan agama. Cara penyampaiannya dengan metode ketaladanan, pembiasaan, pengarahan, penugasan, dan juga pelatihan serta kegiatan yang terjadwal seperti: salat berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, dan penerapan 5 S. SLB Negeri Kota Magelang sendiri mengembangkan potensi fisik dan juga psikis anak tunarungu dengan melihat dan menggali potensi yang dimiliki anak tunarungu. Potensi fisik yang dikembangkan di SLB Negeri Kota Magelang sendiri berupa keterampilan batik, menjahit, boga, komputer, pantomim dan juga kecantikan. Sedang untuk potensi psikisnya dilakukan bina wicara, belajar membaca, menulis, berhitung, dan juga keterampilan beribadah. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam Pendidikan karakter religius dan pengembangan potensi pada anak tunarungu di SLB Negeri Kota Magelang yaitu kerjasama dengan orang tua, sarana prasarana, pelatihan, lomba, kebiasaan berbicara, kegiatan rutinan, diri sendiri, contoh yang dilihat, dan juga kebutuhan SDM. 3) Implementasi dari Pendidikan karakter religius dan pengembangan potensi pada anak tunarungu di SLB Negeri Kota Magelang yaitu terbentuknya sikap disiplin, tumbuhnya rasa tolong menolong, ketaatan kepada Tuhan, memahami potensi diri, bersikap mandiri dan dapat bergaul dengan mudah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2023 16:13
Last Modified: 16 Feb 2023 16:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item