munawaroh, wahyu siti (2023) ETNOMATEMATIKA DALAM KEBUDAYAAN MASYARAKAT JAWA: PENGGUNAAN NEPTU DALAM MENENTUKAN HARI BAIK DI DESA TAJUK KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
wahyu siti munawaroh-T. Mtk.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Etnomatematika, perhitungan jawa, hari baik, matematika, budaya Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengenali unsur kajian matematika dalam perhitungan hari baik pernikahan dan mendirikan rumah yang berupa konsep, operasi, dan prinsip matematika di wilayah desa Tajuk. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer yaitu pujonggo desa atau orang yang ahli hitung jawa, dan sumber data sekunder berupa dokumentasi penelitian, buku, skripsi maupun jurnal relevan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen berupa pedoman pertanyaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses perhitungan hari baik pernikahan aspek matematis yang ditemukan adalah operasi penjumlahan, pengurangan, dan pembagian bilangan bulat, peluang dan aritmatika modulo, serta terdapat aktivitas etnomatematika yakni aktivitas membilang, dan menjelaskan. Dalam proses perhitungan hari baik mendirikan rumah aspek matematis yang ditemukan adalah operasi penjumlahan, peluang matematika, serta terdapat aktivitas etnomatematika yakni aktivitas membilang, menentukan arah lokasi dan menjelaskan. Hari baik dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sekaligus sebagai sarana pengenalan budaya kepada siswa. Serta dapat dijadikan pengetahuan bahwa apa yang kita pelajari di sekolah juga dapat kita temukan dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 17:37 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 10:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15973 |
Actions (login required)
View Item |