IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RI NO. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016 TENTANG PROGRAM KAMPUNG IKLIM PERSPEKTIF HIFDZUL BI'AH (Studi Kasus di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang)

Khasanah, Wafirotul (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN RI NO. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016 TENTANG PROGRAM KAMPUNG IKLIM PERSPEKTIF HIFDZUL BI'AH (Studi Kasus di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Wafirotul Khasanah_33030180076_HTN 2018-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khasanah, Wafirotul (2022). Implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI No. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016 Tentang Program Kampung Iklim Perspektif Hifdzul Bi’ah, Studi Kasus di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang. Fakultas Syari’ah Program Studi Hukum Tata Negara. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Cholida Hanum, M.H. Kata Kunci: Implementasi, Program Kampung Iklim, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI No. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016, Hifdzul Bi’ah Pelaksanaan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI No. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016 tentang Program Kampung Iklim di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang telah berjalan sejak tahun 2014 dimana sebelumnya Pemerintah Kabupaten Magelang berpedoman pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 19 Tahun 2012. Kabupaten Magelang merupakan satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang berkomitmen untuk melakukan inovasi Kecamatan ProKlim. Di dalam Islam hifdzul bi’ah merupakan salah satu aspek yang kemudian harus diperhatikan, karena hifdzul bi’ah ini termasuk wujud daripada menjaga jiwa (hifdzu nafs). Sehingga menarik untuk kemudian meneliti kaitannya dengan implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI No. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016 tentang Program Kampung Iklim di Kabupaten Magelang dengan perspektif hifdzul bi’ah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non doktrinal dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan informan mengenai implementasi Peraturan Menteri tentang ProKlim di Kabupaten Magelang. Adapun informan tersebut yaitu pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Pemerintah Desa Sambak dan Desa Tirto, serta masyarakat Desa Sambak dan Desa Tirto. Sedangkan untuk data sekunder, diperoleh melalui dokumen, buku, jurnal maupun data pendukung yang berkaitan dengan program kampung iklim, lingkungan dan hifdzul bi’ah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI No. P.84/MENLHK-SETJEN/KUM./11/2016 tentang Program Kampung Iklim sudah berjalan sejak 2014 silam dan telah terbentuk sebanyak 53 kampung iklim yang tersebar di Kabupaten Magelang. Kegiatan ProKlim meliputi tiga komponen utama yakni adaptasi, mitigasi dan kelembagaan yang disertai dengan berbagai strategi agar komitmen Pemerintah Kabupaten Magelang dalam inovasi membangun Kecamatan ProKlim segera terlaksana. Sebagai khalifah fil ard baik pemerintah maupun masyarakat wajib menjunjung tinggi maqashid syari’ah yang mana ProKlim ini merupakan wujud dari hifdzul nafs dengan begitu aspek maqashid syari’ah yang lain akan terpenuhi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2023 23:53
Last Modified: 17 Feb 2023 17:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item