PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI PADA SISWA DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Widiastuti, Riska Dwi (2023) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI PADA SISWA DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
230101800259_Riska Dwi Widiastuti.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) konsep pendidikan karakter religius dan toleransi pada siswa di SMK Negeri 2 Salatiga 2) pelaksanaan pendidikan karakter religius dan toleransi pada diswa 3) dampak pendidikan karakter religius dan toleransi pada siswa di SMK Negeri 2 Salatiga 4) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter religius dan toleransi pada siswa di SMK Negeri 2 Salatiga. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis data sesuai dengan kebutuhan penelitian serta disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan 1) konsep pendidikan karakter religius dan toleransi pada siswa di SMK Negeri 2 Salatiga bahwa kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka belajar/pusat keunggulan dan kurikulum 2013 melalui pembiasaan, pengajaran, keteladanan, motivasi dan penegakan aturan. 2) pembinaan karakter religius dan toleransi diimplementasikan dalam bentuk kegiatan keagamaan meliputi: sholat shuha berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah, sholat ashar berjama’ah, membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, jum’at bersih, kajian jum’at pagi, PHBI, iqro’ club, pesantren ramadhan, bakti sosial. 3) dampak yang ditimbulkan yakni adanya peningkatan kualitas ibadah pada siswa, dapat bertanggung jawab kepada Allah atas apa yang telah di lakukan, dan munculnya sikap taqwa serta disiplin dari dalam diri. 4) faktor pendukung dari pembinaan yang dilakukan yakni adanya respon dukungan dari pihak sekolah, kerja sama yang baik, fasilitas yang memadai, dan diberlakukannya DjuSafety (budaya industri). Sedangkan faktor penghambatnya adalah naik turunnya semangat dan minat siswa, minimnya alokasi waktu dalam pembelajaran di kelas, timbulnya rasa malas, dan kekurangpahaman siswa akan suatu masalah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2023 15:31
Last Modified: 20 Feb 2023 15:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item