EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN LKPD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs YASPI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurarifah, Ika (2023) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN LKPD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs YASPI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_IKA NURARIFAH_23070180021.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nurarifah, Ika. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan LKPD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Yaspi Pakis Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M. Pd. Kata Kunci : STAD, LKPD, Prestasi Belajar. Pembelajaran matematika pada umumnya menjadi salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa. Ditambah dengan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membuat prestasi belajar siswa rendah. Ratarata prestasi belajar dari 145 siswa yang didapatkan dari guru matematika kelas VIII MTs Yaspi Pakis adalah 52, 89. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan peran aktif siswa untuk menggali informasi, menemukan, mendiskusikan, mempelajari, menanya, menginformasikan materi yang sedang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Yaspi Pakis tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Yaspi Pakis tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih sampel siswa kelas VIII A dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sampel T Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar di kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD dan kelas yang menggunakan metode konvensional, serta nilai N-Gain menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen termasuk kategori cukup dengan ratarata nilai N-Gain 58,6% dan prestasi belajar siswa pada kelas kontrol termasuk kategori kurang efektif dengan rata-rata nilai N-Gain 40,5%. Maka, terbukti bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan LKPD lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2023 16:43
Last Modified: 21 Feb 2023 16:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item View Item