TUGAS DAN FUNGSI PEMERINTAH DESA DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIDUP YANG BAIK DAN SEHAT PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG DESA DAN FIKIH LINGKUNGAN (STUDI KASUS DESA MBENDI KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN)

ichsan, Maulana nur (2023) TUGAS DAN FUNGSI PEMERINTAH DESA DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIDUP YANG BAIK DAN SEHAT PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG DESA DAN FIKIH LINGKUNGAN (STUDI KASUS DESA MBENDI KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Maulana_Nur_I_Skripsi-fiks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Maulana Nur Ichsan. 2022 Tugas dan Fungsi Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat Perspektif Undang-Undang Desa dan Fikih Lingkungan (Studi Kasus Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten). Skripsi Fakultas Syariah. Program Studi Hukum Tata Negara. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Cholida Hanum, M.H. Kata Kunci: Tugas dan Fungsi, Pemerintahan Desa, Lingkungan Hidup Pemerintah Desa sebagai salah satu penyelenggara urusan pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menjalankan tugas dan fungsi Pemerintah Desa harus mengacu pada peraturan atau Undang-Undang yang berlaku untuk mengatur kegiatannya. Salah satu Tugas dan Fungsi Pemerintah Desa adalah melestarikan lingkungan hidup. Di Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten ada prabrik industri yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Dari penelusuran yang dilakukan peneliti kepada masyarakat banyak yang mengeluhkan soal pencemaran lingkungan ini kepada pemerintah desa. Namun belum ada tindakan yang tegas dari Pemerintah Desa, hal ini menarik untuk ditelaah (1) Bagaimana Tugas dan Fungsi Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat Perspektif Undang-Undang Desa (2) Bagaimana Tugas dan Fungsi Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat Perspektif Fikih Lingkungan Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum non-doktrinal yang menggunakan pendekatan hukum empiris. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan Kepala Desa, Masyarakat Desa, dan pemilik industri di Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Sedangkan bahan sekunder diperoleh dari buku, artikel, dokumen yang berkaitan dengan Pemerintah Desa, Lingkungan Hidup, dan Fikih Lingkungan. Hasil penelitian yang penulis temukan di lapangan, Pemerintah Desa bertanggung jawab atas ketersediaan lingkungan yang baik dan sehat terhadap warganya. Dalam perspektif Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 Pemerintah Desa Daleman belum menjalankan sesuai Undang-Undang yang sudah berlaku hal ini di buktikan tidak adanya sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik industri tentang bagaimana tata cara menjaga dan mengelola lingkungan hidup dengan baik, belum adanya pengawasan terhadap pabrik industri pati onggok, tidak adanya tindakan dalam menangani persoalan laporan dari masyarakat, tidak adanya fasilitas untuk menampung limbah cair atau padat. Kemudian dalam perspektif fikih lingkungan Pemerintah Desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat belum sesuai dengan teori fikih lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan kejadian yang ada dilapangan seperti lingkungan yang sangat tercemar karena limbah industri dan belum adanya tindakan dari Pemerintah Desa setempat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2023 18:24
Last Modified: 28 Feb 2023 20:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item