Cholilurrochman, Muchammad Dani (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM AKTIVITAS DAKWAH RIFA’IYAH DI DESA KEBONSARI KECAMATAN WONOBOYO KABUPATEN TEMANGGUNG. [UNSPECIFIED]
Text
Muchammad Dani C (43010180088) KPI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apa saja program dakwah organisasi Rifa’iyah untuk para jama’ah Rifa’iyah yang ada di Desa Kebonsari, (2) mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh organisasi Rifa’iyah dalam merencanakan dan menjalankan aktivitas atau program dakwahnya untuk para jama’ahnya di Desa Kebonsari Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara terhadap Ketua pengurus Organisasi Rifa’iyah serta beberapa tokoh masyarakat Rifa’iyah mengenai sejarah berdirinya Rifa’iyah, tujuan dan tugas-tugas dari pengurus Rifa’iyah, program-program dakwah apa saja yang dilaksanakan oleh organisasi Rifa’iyah dan bagaimana strategi dan metode dakwahnya terhadap jama’ah masyarakat Desa Kebonsari. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen, arsip, catatan dan foto mengenai profil Desa Kebonsari. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) menunjukkan adanya aktivitas dakwah Organisasi Rifa’iyah terhadap jama’ahnya di Desa Kebonsari melalui beberapa program dakwah yang dilaksanakan oleh para pengurus dan anggota Rifa’iyah seperti, selapanan rutinan, diadakannya bahtsul masail, yasinan, pengajian jum’at pagi, ziarah ke masayikh Rifa’iyah dan masih banyak lagi. Dan tujuan adanya program dakwah tersebut adalah (1) menumbuhkan skiap tanggung jawab dan saling menghargai satu sama lain. Dalam menjalankan semua program dakwah tersebut, organisasi Rifa’iyah terlebih dahulu menyusun strategi dalam aktivitas dakwahnya. Strategi komunikasi Rifa’iyah dalam aktivitas dakwahnya di Desa Kebonsari terhadap jama’ahnya adalah strategi dakwah yang memfokuskan terhadap komunikasinya dengan menjelaskan aktivitas komunikasi dengan menjawab 5 pertanyaan berdasarkan apa yang telah dikemukakan oleh Harold D. Lasswell yaitu “Who (Siapa saja yang akan melakukan program dakwahnya), Says What (Pesan Apa yang terkandung dalam setiap program dakwahnya), in Which Channel (Media Apa yang Digunakan untuk mempublikasikan dakwahnya), To Whom (Untuk Siapa Dakwah tersebut), With What Effect (Apa pengaruh atau dampak yang mereka terima dalam kehidupan sehari-hari)”.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 18:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 11:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16057 |
Actions (login required)
View Item |