HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA NEGERI 1 KARANGGEDE BOYOLALI

Aji, Dhevid Satu (2023) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA NEGERI 1 KARANGGEDE BOYOLALI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Dhevid Estu Aji.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan kecerdasan emosional remaja di SMA Negeri 1 Karanggede Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Karanggede dengan Teknik simple random sampling dengan jumlah 961 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala kelekatan dan skala kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif tingkat kelekatan teman sebaya dan kecerdasan emosional remaja di SMA N 1 Karanggede berada dalam kategori sedang. Dimana terdapat 1 (1,0%) remaja dengan kelekatan rendah, 93 (96,9%) remaja dengan kelekatan sedang, dan terdapat 2 (2,1%) remaja yang memiliki kelekatan teman sebaya tinggi. Sedangkan dalam kecerdasan emosional tidak ada (0%) remaja dengan kecerdasan emosional rendah, 90 (93,8%) remaja dengan kecerdasan emosional sedang, dan dengan kecerdasan emosional tinggi sejumlah 6 (6,3%) remaja. Hasil analisis data uji hipotesis yang telah dilakukan dengan analisis product moment person diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0,000 <0,05 dan nilai person correlation sebesar 0,563. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kelekatan teman sebaya dengan kecerdasan emosional remaja di SMA N 1 Karanggede, dimana semakin tinggi kelekatan teman sebaya maka semakin tinggi pula kecerdasan emosional pada remaja. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya koefisien determinan r2=0,317, yang artinya peran kelekatan teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 31,7% terhadap kecerdasan emosional pada remaja.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2023 20:21
Last Modified: 21 Feb 2023 20:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item View Item