PENGARUH FIRM SIZE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), DANA PIHAK KETIGA (DPK), DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TAT) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) DENGAN PENYALURAN PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021)

, Silfana Widya Astuti (2023) PENGARUH FIRM SIZE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), DANA PIHAK KETIGA (DPK), DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TAT) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) DENGAN PENYALURAN PEMBIAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FINAL_PDF_SILFANA WIDYA A..pdf

Download (2MB)

Abstract

A, Silfana Widya. 2022. Pengaruh Firm Size, Corporate Social Responbility (CSR), Dana Pihak Ketiga (DPK), dan Total Asset Turnover (TAT) terhadap Return On Asset (ROA) dengan Penyaluran Pembiayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Nafis Irkhami, M.Ag., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Firm Size, Corporate Social Responbility (CSR), Dana Pihak Ketiga (DPK), dan Total Asset Turnover (TAT) terhadap Return On Asset (ROA) yang dimediasi oleh Penyaluran Pembiayaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data sekunder berasal dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh OJK. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan perbankan yang terdaftar di Bank Umum Syariah (BUS) berjumlah 12 bank. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel yang digunakan adalah seluruh populasi pada penelitian ini. Analisis yang digunakan meliputi uji analisis deskriptif, uji stationer, uji analisis induktif, uji asumsi klasik, uji statistik dan path analysis (analisis jalur). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil: (1) Firm Size berpengaruh positif signifikan terhadap Penyaluran Pembiayaan. (2) CSR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Penyaluran Pembiayaan. (3) DPK berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Penyaluran Pembiayaan. (4) TAT berpengaruh positif signifikan terhadap Pembiayaan.(5) Penyaluran Pembiayaan berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. (6) Pembiayaan tidak mampu memediasi pengaruh Firm Size terhadap ROA. (7) Penyaluran Pembiayaan tidak dapat memediasi pengaruh CSR terhadap ROA. (8) Penyaluran Pembiayaan tidak dapat memediasi pengaruh DPK terhadap ROA. (9) Penyaluran Pembiayaan tidak dapat memediasi pengaruh TAT terhadap ROA. Kata Kunci: Firm Size, Corporate Social Responbility (CSR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Total Asset Turnover (TAT), Return On Asset (ROA), Penyaluran Pembiayaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2023 21:21
Last Modified: 21 Feb 2023 15:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item