TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM SIMPAN PINJAM PAGUYUBAN (Studi Pasar Krenceng Kecamatan Sidumukti Kota Salatiga)

Setiani, Sinta Agus (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM SIMPAN PINJAM PAGUYUBAN (Studi Pasar Krenceng Kecamatan Sidumukti Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SHINTA SKRIPSI 33020180108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sinpan Pinjam, Riba, Hukum Islam, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES). Tambahan dalam simpan pinjam lebih banyak dikategorikan sebagai riba. Dalam praktek simpan pinjam di paguyuban pedagang pasar krenceng terjadi praktek tambahan simpan pinjam. Maka menarik untuk diteliti: 1) Bagaimana transaksi simpan pinjam di Paguyuban Pasar Tradisional Krenceng Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga?2) Bagaimana tinjuan hukum Islam dalam transaksi simpan pinjam di Pasar Tradisional Krenceng Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga? penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yuridis normatif, sumber data yang penulis gunakan adalah data primer yaitu wawancara dengan anggota paguyuban dan sekunder yang berupa buku, jurnal penelitian, dan dokumentasi pelaksanaan simpan pinjam Paguyuban Pedagang Pasar Krenceng. Dari hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Praktek simpan pinjam di Paguyuban Pedagang Pasar Krenceng dilakukan dengan kesepakatan bersama terkait dengan tambahan atas pinjaman atau sering disebut sebagai bunga. Dimana tambahan atas pengembalian pinjaman tersebut akan dikelola Kembali untuk anggota paguyuban sebagai hasil bersama. 2) Berdasarkan praktik transaksi pinjam meminjam yang dilakukan oleh Paguyuban Pedagang Pasar Krenceng dengan anggotanya merupakan sebuah praktik simpan pinjam yang tidak termasuk bagian dari riba. Hal ini dikarenakan tambahan pengembalian atau yang sering disebut sebagai bunga tidask digunakan sebagai alat untuk memperkaya diri seseorang pemberi pinjaman melainkan digunakan sebagai dana sosial paguyuban pedagang pasar krenceng itu sendiri.  

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2023 15:31
Last Modified: 22 Feb 2023 15:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16087

Actions (login required)

View Item View Item