INTEGRASI NILAI KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PEMBIASAAN IBADAH DI KELUARGA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus: Peserta Didik Kelas XI SMA KARTIKA III-1 BANYUBIRU Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022)

Hidayat, Nur Kholis (2023) INTEGRASI NILAI KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PEMBIASAAN IBADAH DI KELUARGA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Kasus: Peserta Didik Kelas XI SMA KARTIKA III-1 BANYUBIRU Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR KHOLIS HIDAYAT (TESIS).pdf

Download (7MB)

Abstract

Nur Kholis Hidayat, Integrasi Nilai Kedisiplinan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pembiasaan Ibadah Di Keluarga Untuk Membentuk Karakter Peserta didik Kelas XI SMA Kartika III-1 Banyubiru Tahun 2022. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga 2022. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses integrasi, implikasi, hambatan dan solusi penerapan kedisiplinan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk karakter peserta didik kelas XI SMA Kartika III-1 Banyubiru. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana integrasi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dan pembiasaan ibadah di keluarga (2) apa implikasi penerapan kedisiplinan beribadah dalam membentuk karakter peserta didik (3) apa hambatan dan solusi penerapan kedisiplinan beribadah peserta didik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Cara yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun temuan penelitian yaitu: (1) proses integrasi pembelajaran pendidikan agama islam dan pembiasaan ibadah di keluarga melalui pembiasaan asmaul husna, sholat dhuhur berjamaah, sholat jum’at, kajian fiqih, penggunaan kartu kendali dan grup whatsapp, mendorong peserta didik mengikuti organisasi, pemberian sanksi, pemanggilan orang tua (2) implikasi dari kedisiplinan dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan pembiasaan ibadah di keluarga membentuk karakter peserta didik yang amanah, rasa hormat, tanggung jawab, keadilan dan kepedulian, dan nasionalis (3) solusi dari berbagai hambatan, yaitu: melakukan sosialisasi, memberikan saran kepada guru, komunikasi dengan orang tua, mendorong orang tua melakukan ibadah, dan mengedukasi orang tua tentang dampak penggunaan handphone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2023 16:31
Last Modified: 22 Feb 2023 16:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item