PESAN MORAL TOKOH UTAMA DALAM FILM TURAH (Analisis Hikmah, Syaja’ah dan Iffah Pada Karakter Tokoh Utama Turah di Bagian Peningkatan Konflik)

Amal, Ridho Ichlasul (2023) PESAN MORAL TOKOH UTAMA DALAM FILM TURAH (Analisis Hikmah, Syaja’ah dan Iffah Pada Karakter Tokoh Utama Turah di Bagian Peningkatan Konflik). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PESAN MORAL TOKOH UTAMA DALAM FILM “TURAH” NEW-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Amal, Ridho Ichlasul. 2022. PESAN MORAL TOKOH UTAMA DALAM FILM TURAH (Analisis Hikmah, Syaja’ah dan Iffah Pada Karakter Tokoh Utama Turah di Bagian Peningkatan Konflik) Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom, Kata Kunci: Pesan Moral, Film Turah Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pesan moral dalam film Turah (karya Wicaksono Wisnu Legowo) terutama pada karakter tokoh utama film “TURAH” yang sangat kuat dalam penyampaian pesan moral. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode semiotika. Sumber data primer pada penelitian ini diperoleh dari akun youtube Suara Langit Production yang mempublish film Turah karya Wicaksono Wisnu Legowo yang berdurasi 1 jam 18 menit 30 detik ini. Sumber data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari buku, artikel, hasil riset yang bersubjek sama yaitu film TURAH dan hasil wawancara bersama sutradara film Turah yaitu Wicaksono Wisnu Legowo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral hikmah, syaja’ah dan iffah yang tersampaikan oleh tokoh utama dalam setiap adegan dibagian peningkatan konflik pada film Turah terdapat sikap bijkasana dari sosok Turah yang menghadapi setiap permasalahan, terdapat karakter tolong menolong terhadap sesama, ada sifat sabar dalam menghadapi setiap persoalan, keberanian sosok Turah, kebersihan pemikirian dari sosok Turah yang mengambil keputusan, dan karakter sopan di setiap adegan yang sangat kuat diperankan oleh Turah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Seni dan Olah Raga
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2023 18:04
Last Modified: 14 Jun 2023 13:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16095

Actions (login required)

View Item View Item