Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Haji dan Umrah Melalui Metode Simulasi dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Limpung Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2022/2023

Primadani, Muh. Tatang (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Haji dan Umrah Melalui Metode Simulasi dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Limpung Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Primadani, Muh. Tatang. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Haji dan Umrah Melalui Metode Simulasi dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Limpung Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: hasil belajar, PAI, metode simulasi, media audio visual Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai tes formatif siswa pada materi haji dan umrah dengan jumlah siswa 24, hanya 13 siswa lulus nilai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Siswa tidak lulus nilai KBM adalah 11 siswa. KBM mata pelajaran PAI adalah 70. Tujuan penelitian untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar PAI materi haji dan umrah melalui metode simulasi dan media audio visual. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah mencapai 85% dari ketuntasan klasikal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi haji dan umrah pada kelas IX B SMP Negeri 3 Limpung tahun ajaran 2022/2023. Peningkatan dibuktikan dengan hasil belajar setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus siswa tuntas adalah 13 siswa dengan persentase 54,17%. Pada siklus I setelah diterapkannya metode simulasi dengan media audio visual, siswa tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase 70,83%. Pada siklus II setelah melakukan refleksi, siswa tuntas sebanyak 22 siswa dengan persentase 91,67%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:59
Last Modified: 23 Feb 2023 04:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item