PENGARUH INFLASI, BI 7 DAY REPO RATE, DAN NILAI TUKAR TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM DENGAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021)

Putri, Esa Rahmadian (2023) PENGARUH INFLASI, BI 7 DAY REPO RATE, DAN NILAI TUKAR TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM DENGAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2017-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ESA RAHMADIAN PUTRI (63010150076-PERBANKAN SYARIAH S1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang pentingnya pembiayaan UMKM dalam sebuah bank yang dipengaruhi dengan adanya Inflasi, BI 7 Day Repo Rate, dan Nilai Tukar Rupiah. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Umum Syariah Periode Januari 2017 – Desember 2021 melalui website BI, OJK dan BPS. Data ini dianalisis pengaruhnya menggunakan metode analisis data panel menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembiayaan UMKM, BI 7 Day Repo Rate berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pembiayaan UMKM pada , Nilai Tukar berpengaruh negatif terhadap Pembiayaan UMKM. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi oleh pihak bank, di mana bank syariah dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, sekaligus memperbaiki apabila ada kelemahan dan kekurangan dalam layanan pembiayaan UMKM.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:41
Last Modified: 23 Feb 2023 07:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item