Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Materi Tajwid Menggunakan Metode Edutainemnt dan Peer Tutoring Kelas VII MTs. Miftahul Falah Rembang Tahun Ajaran 2021/2022

astuti, Puji (2023) Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Materi Tajwid Menggunakan Metode Edutainemnt dan Peer Tutoring Kelas VII MTs. Miftahul Falah Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PUJI ASTUTI 23010180188.pdf

Download (4MB)

Abstract

Astuti, Puji. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Materi Tajwid Menggunakan Metode Edutainment dan Peer Tutoring Kelas VIII MTs. Miftahul Falah Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, Al-Qur'an Hadits, Tajwid, Metode Edutainment dan Peer Tutoring Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar Al-Qur'an Hadits materi Tajwid menggunakan metode edutainment dan peer tutoring pada siswa kelas VIII MTs. Miftahul Falah Rembang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terselesaikan dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Dimana di setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah edutainment dan peer tutoring. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Persentase ketuntasan belajar menyatakan telah berhasil mencapai batas keberhasilan klasikal yaitu 85% dengan nilai KKM madrasah 75. Hasil penelitian menunjukkan metode edutainment yang dipadukan dengan peer tutoring dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif Al-Qur'an Hadits pada materi Tajwid kelas VIII MTs. Miftahul Falah tahun ajaran 2021/2022. Dibuktikan dengan rata-rata nilai kelas pada pra siklus 65,5, kemudian pada siklus I rata-rata nilai mencapai 72,83, siklus II mencapai rata-rata nilai 81, dan pada siklus III mencapai rata-rata nilai 89. Hal ini memberi feedback baik terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan persentase ketuntasan siswa pada pra siklus hanya mencapai angka 20% (6 siswa), siklus I mendapat persentase sebesar 50% (15 siswa), siklus II mendapat persentase 80% (24 siswa), dan pada siklus III mendapat persentase 90% (27 siswa). Sebaliknya persentase siswa yang Belum Tuntas pada siklusnya mengalami penurunan. Yang awalnya pra siklus mencapai 80% (24 siswa), siklus I menurun menjadi 50% (15 siswa), siklus II mengalami penurunan lagi menjadi 20% (6 siswa), dan siklus III juga masih mengalami penurunan menjadi 10% (3 siswa).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Hadits
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 17:21
Last Modified: 23 Feb 2023 17:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item View Item