PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MENUNTUT ILMU DAN MENGAMALKANNYA MELALUI METODE INQUIRY DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMK NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2

akbar, Harun maulana (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MENUNTUT ILMU DAN MENGAMALKANNYA MELALUI METODE INQUIRY DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMK NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2. [UNSPECIFIED]

[img] Text
HARUN MAULANA AKBAR 23010180205.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan agama islam dan budi pekerti materi menuntut ilmu dan mengamalkannya menggunakan metode Inquiry dan metode Role Playing pada siswa kelas X SMK NU Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) yang selesai dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Dimana setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Metode yang diterapkan untuk memecahkan masalah adalah Inquiry dan Role Playing. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Persentase ketuntasan belajar menyatakan telah berhasil mencapai target keberhasilan klasikal yaitu 85% dengan nilai KKM sekolah 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Inquiry yang dipadukan dengan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif Pendidikan agama islam dan budi pekerti materi menuntut ilmu dan mengamalkannya kelas X SMK NU Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pra-siklus sebesar 70,74%, mencapai rata-rata 74,81% pada siklus I, rata-rata 85,18% pada siklus II, dan rata-rata 88,88% pada siklus III. Tingkat ketuntasan siswa pra-siklus hanya mencapai 44,44% (12 siswa), sedangkan Siklus I mencapai 62,96% (17 siswa) dan Siklus II mencapai 85,18% (24 siswa), Siklus III mencapai 92,59% (25 siswa). Di sisi lain, persentase siswa yang gagal menyelesaikan siklus menurun. Awalnya pra siklus mencapai 55,55% (15 siswa), siklus I turun menjadi 37,03% (10 siswa), siklus II menjadi 14,81% (4 siswa), dan siklus III menjadi 7,40%. (2 siswa).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 17:25
Last Modified: 23 Feb 2023 10:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item