IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SECARA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG

Farikhah, Siti, SF (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SECARA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG. Project Report. State Institute for Islamic Studies (IAIN) Salatiga, Indonesia, Salatiga.

[img] Text
Laporan Penelitian Pemula 2016_Farikhah.pdf

Download (578kB)

Abstract

Selama ini pembelajaran matematika yang dilakukan sebagian guru masih didominasi oleh pengenalan rumus-rumus serta konsep-konsep secara verbal, tanpa ada dorongan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik dan mengembangkan kreatifitasnya. Dalam pandangan guru, peserta didik seolah-olah robot yang dipersiapkan untuk mengerjakan atau meghasilkan sesuatu, tidak peduli bentuk kepribadian atau pun pendidikan karakter yang berkembang pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter secara terpadu pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 1 Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter secara terpadu diimplementasikan pada 3 bentuk kegiatan pada pembelajaran matematika, yaitu 1) pendidikan karakter pada perencanaan pembelajaran telah tertuang dalam RPP, meliputi nilai-nilai disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun serta tanggung jawab. Kemudian dikembangkan lebih lanjut pada silabus yang diperinci pada tiap-tiap Kompetensi Dasar (KD), meliputi nilai-nilai tanggung jawab, teliti, kerjasama, menghargai orang lain, ulet, berpikir logis, percaya diri, jujur, dan sistematis. 2) pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika materi faktorisasi suku Aljabar terintegrasi dengan baik mulai dari kegiatan pendahuluan, inti sampai dengan penutup. Pada kegiatan pendahuluan disamping diterapkan nilai religius (do`a bersama dan salam) juga nilai-nilai disiplin dan respek. Nilai-nilai karakter pada kegiatan inti pada dasarnya sudah sesuai dengan yang diharapkan pada silabus disetiap kompetensi dasarnya, hanya nampak belum optimal. Sedangkan pada sesi penutup, guru banyak memberikan motivasi, diakhiri dengan do`a dan salam (nilai religius); 3) pendidikan karakter pada evaluasi pembelajaran matematika, guru mengembangkan kemampuan peserta didik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penilaian kognitif diambil dari hasil belajar melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan tetap menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran, kerjakeras, tanggungjawab, dan kemandirian yang semua itu masuk dalam ranah afektif, hanya guru masih kesulitan karena banyaknya jumlah peserta didik. Sedangkan penilaian psikomotor, guru mengamati pada saat peserta didik melakukan tes unjuk kerja atau tes perbuatan seperti kecepatan mengerjakan tugas, kemampuan membaca gambar atau simbol, kemampuan menyusun urut-urutan pengerjaan dan menganalisis hasilnya

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2017 03:01
Last Modified: 25 Apr 2017 03:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item