PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM BINA INSANI SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Udzma, Mufidatul (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM BINA INSANI SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI MUNAQOSAH .pdf

Download (4MB)

Abstract

Udzma, Mufidatul. 2022. Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Bina Insani Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Jurusam Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Pada penelitian ini tujuan yang akan diketahui adalah untuk mengetahui variasi gaya belajar, variasi lingkungan belajar, variasi hasil belajar, pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika, pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika, pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Di mana ciri utama adalah tidak ada perlakuan yang diberikan oleh peneliti dengan kata lain perlakuannya sudah dilakukan tanpa ada kontrol dari peneliti dimana bersifat asosiatif kausal. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh dua atau lebih variabel independent (bebas) dan satu variabel dependent (terikat). Siswa kelas VIII di SMP Islam Bina Insani Susukan Kabupaten Semarang menjadi populasi pada penelitian ini. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan teknik metode probability sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengambilan sampel kemudian diambil 38 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Dapat ditarik kesimpulkan bahwa hasil penelitian dan uji hipotesis sebagai berikut: 1) Variasi gaya belajar siswa kelas VIII dengan presentase sebanyak 55,3% tergolong sedang; 2) Variasi lingkungan belajar siswa kelas VIII dengan presentase 42,1% tergolong sedang; 3) Variasi hasil belajar siswa kelas VIII dengan presentase 65,8% tergolong sedang; 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,462 koefisien determinasi (〖r^2〗_(x_1 y)) sebesar 0,214 dimana t_hitung>t_tabel yaitu 3,128>2,028 dengan taraf siginifikan 0,05 dan df=36; 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,445 koefisien determinasi sebesar 0,198 dimana t_hitung>t_tabel yaitu 2,977>2,028 dengan taraf siginifikan 0,05 dan df=36. 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,552 koefisien determinasi sebesar 0,305 dimana F_hitung>F_tabel yaitu 7,680>3,230.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 20:02
Last Modified: 23 Feb 2023 20:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item