astuti, hana setia budi (2023) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA RELIA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI CEBONGAN 03 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI HANA SETIA 23040180078.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Astuti, Hana Setia Budi. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Relia Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri Cebongan 03 Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dam Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Pengaruh, Kooperatif Tipe Jigsaw, Media Relia, dan Kemampuan Membaca. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan membaca pada siswa kelas III SD Negeri Cebongan 03 Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media relia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitif dengan menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain One GroupPretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument tes diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, dan uji daya beda soal. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil tes siswa kelas III SD Negeri Cebongan 03 Salatiga untukmengukur kemampuan membaca siswa memperoleh rata-rata pretest sebesar 59,60 dan posttest sebesar 80,80. Berdasarkan data tersebut hasil tes siswa mengalami peningkatan sebesar 21,20. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai (
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 20:50 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 20:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16122 |
Actions (login required)
View Item |