PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN DAMPAKNYA DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA NURUL IMAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023

Khasanah, Mina Miftakul (2023) PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN DAMPAKNYA DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA NURUL IMAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MINA MIFTAKUL KHASANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) untuk mengetahui proses pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar pada anak usia dini di RA Nurul Iman Tanon. 2) untuk mengetahui bentuk-bentuk pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar anak usia dini di RA Nurul Iman Tanon. 3) untuk mengetahui dampak pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar anak usia dini di RA Nurul Iman Tanon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengolah keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar anak usia dini di RA Nurul Iman Tanon terdapat pada proses pendamingan orang tua, bentuk pendampingan orang tua dan dampak pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar anak. 1) Proses pendampigan orang tua dalam kegaiatn belajar anak ketika di rumah sudah dilakukan oleh semua orang tua, sedangkan pendampingan mengenai menunggui anak ketika pembelajaran di sekolah tidak dilakukan oleh semua orang tua melainkan dilakukan oleh beberapa orang tua saja karena faktor tertentu. Ini biasanya terjadi karena anak tidak mau ditinggal oleh orang tuanya. 2) Bentuk pendampingan orang tua, dapat dibedakan menjadi lima bagian yaitu; orang tua menyediakan fasilitas belajar, orang tua memberikan motivasi dan dorongan kepada anak, orang tua memberikan pengawasan dalam penggunaan waktu belajar pada anak, orang tua mengenal kesulitan belajar yang dialami anak, dan orang tua dapat menolong kesulitan belajar yang dialami anak. 3) Dampak pendampingan orang tua terdapat dampak positif dan negatif. Dampak positif dari pendampingan orang tua yaitu: dapat menghasilkan anak yang penurut, dapat mengontrol diri, mempunyai hubungan baik dengan teman, mempunyai minat terhadap hal-hal baru dan kooperatif terhadap orang lain. Sedangkan dampak negatif pendampingan anak jika dilakukan secara berlebihan yaitu, anak akan selalu ketergantungan pada orang tua, dan perkembangan sosial anak kurang baik, karena anak lebih banyak waktu bersama orang tua ketimbang dengan teman-temannya, dan menjadikan anak kurang mandiri.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 21:01
Last Modified: 24 Feb 2023 06:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item