EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP MA’ARIF KARANGGEDANG PURBALINGGA

Prihatini, Dwi (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP MA’ARIF KARANGGEDANG PURBALINGGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DWI PRIHATINI 23060180017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prihatini, Dwi. 2022. Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Ma’arif Karanggedang, Purbalingga. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Problem Based Learning; Video; Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: Mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan di SMP Ma’arif Karanggedang, Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment yang menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMP Ma’arif Karanggedang. Dalam pengambilan sampel, menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh menggunakan teknik tes dan non tes. Data hasil tes diperoleh dari soal pilihan ganda yang diberikan kepada siswa berupa pretest-posttest yang telah diuji kevalidannnya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t (Independent Sample T-Tes) pada program SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 44,5 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 35. Nilai rata-rata posttest sebesar 59,5 dengan nilai tertinggi sebesar 75 dan nilai terendah 50. Nilai Effect Size yang diperoleh yaitu 2,47. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 49,5 dengan nilai tertinggi sebesar 60 dan nilai terendah 45. Nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 78,5 dengan nilai tertinggi sebesar 90 dan nilai terendah 65. Nilai Effect Size yang diperoleh yaitu 4,04. Nilai Effect Size yang diperoleh dalam kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 4,04 lebih besar dari 2,47, artinya penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video memiliki pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa. Analisis data uji hipotesis yaitu uji-t (Independent Sample T-Tes) diperoleh nilai thitung 8.983 > ttabel 2.100 dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model Problem Based Learning (PBL) dengan video efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Pencemaran Lingkungan di SMP Ma’arif Karanggedang, Purbalingga.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 21:13
Last Modified: 24 Feb 2023 09:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item