PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, HARGA MINYAK MENTAH, DAN HARGA EMAS TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH DENGAN NILAI TUKAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING (periode 2016-2021)

Windarti, Fenny (2023) PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR, HARGA MINYAK MENTAH, DAN HARGA EMAS TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM SYARIAH DENGAN NILAI TUKAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING (periode 2016-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
FENNY WINDARTI(63020180095).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Jumlah Uang Beredar (X1), Harga Minyak Mentah (X2), dan Harga Emas (X3) terhadap Indeks Harga Saham Syariah (Y) dengan Nilai Tukar Sebagai Variabel Moderating (Z). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai analisis data dan menggunakan data sekunder yang berbentuk time series. Data yang telah diperoleh 72 sampel kemudian dianalisis menggunakan alat bantu aplikasi E-views 10. Data yang digunakan adalah data bulanan dari Jumlah Uang Beredar, Harga Minyak Mentah, Harga Emas, Indeks Harga Saham Syariah dan Nilai Tukar pada tahun 2016-2021. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel dependen Jumlah Uang Beredar, Harga Minyak Mentah, dan Harga Emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel indepen den Indeks Harga Saham Syariah. Nilai tukar mampu memoderasi pengaruh Jumlah Uang Beredar, Harga Minyak Mentah, dan Harga Emas terhadap Indeks Harga Saham Syariah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2023 21:20
Last Modified: 23 Feb 2023 14:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16129

Actions (login required)

View Item View Item