STRATEGI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AISYIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JAMAAH CALON HAJI DI KOTA TEGAL

hidayah, Khulqi istna melin (2023) STRATEGI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AISYIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JAMAAH CALON HAJI DI KOTA TEGAL. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI KHULQI ISTNA .pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui program pelayanan yang ada di kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Aisyiyah. Kedua, untuk mengetahui strategi KBIH Aisyiyah dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dan ketiga, faktor pendukung dan penghambat proses pelayanan di KBIH Aisyiyah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan ketua KBIH Aisyiyah dan pengurus, dan sumber sekunder yang di dapat berupa foto-foto dan profil KBIH Aisyiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam analisis data berdasarkan data yang diperoleh yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, ada beberapa program pelayanan yang ada di KBIH Aisyiyah yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu di tanah air, di tanah suci dan bimbingan pasca pelaksanaan haji. Kedua, strategi KBIH Aisyiyah dalam meningkatkan kualitas pelayanan ada beberapa strategi yang seperti memberikan pelatihan kepada pengurus, kerjasama baik dengan pengurus KBIH Aisyiyah, memberikan motivasi kepada pengurus, memberikan pergatian kepada calon jamaah haji dan persediaan fasilitas KBIH Aisyiyah. Startegi ini sudah diterapkan dan sesuai dengan yang KBIH Aisyiah butuhkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Ketiga, adanya faktor pendukung di KBIH Aisyiyah dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu adanya kerjasama pengurus dan sarana prasarana yang memadai. Dan adapun faktor penghambatnya yaitu banyaknya jamaah yang sudah usia lanjut, minimnya pengetahuan dan pengalaman jamaah serta ada sebagian jamaah yang masih belum lancar baca tulis.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:09
Last Modified: 23 Feb 2023 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16132

Actions (login required)

View Item View Item