PENGARUH PENGANGGURAN TERBUKA, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), DAN TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA (TPAK) TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI JAWA TENGAH DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (2017-2021)

Sholikhah, Mar'atus (2023) PENGARUH PENGANGGURAN TERBUKA, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), DAN TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA (TPAK) TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI JAWA TENGAH DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (2017-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Naskah_revisi_skripsi_fix Mar'atus S.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Naskah Skripsi Final Maratus Sholikhah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sholikhah, Mar’atus. 2023. Pengaruh Pengangguran Terbuka, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Terhadap Tingkat Kemiskinan Dengan Zakat Sebagai Variabel Moderasi (2017-2021). Skripsi. Fakultas ekonomi dan bisnis islam. Program studi strata satu ekonomi syariah. Universitas Islam Negeri (UIN) salatiga. Dosen pembimbing: Dr. Anton Bawono, M. Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengangguran Terbuka, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Terhadap Tingakat Kemiskinan Dengan Zakat Sebagai Variabel Moderasi di Provinsi Jawa Tengah (2017-2021). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif data sekunder data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 70 untuk masing-masing variabel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan yang dipublikasikan oleh badan pusat statistika dan badan zakat nasional provinsi jawa tengah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat analisis eviews-10 version. Kemudian dilakukan uji lanjutan yang meliputi, uji deskriptif, uji stasioneritas, uji pemilihan model, uji mra, dan, uji asumsi klasik, uji statistik. Berdasarkan hasil uji yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengangguran terbuka, PDRB, TPAK, zakat berpengaruh positif signifikan terhadap kemiskinan. Sedangkan secara parsial variabel pengangguran terbuka (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan. Variabel PDRB (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Variabel Zakat (Z) tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan. Sedangkan ada hubungan yang kuat Antara variabel independen dengan variabel dependen (karena mendekati angka 1). Zakat (Z) tidak mampu memoderasi pengaruh antara pengangguran terbuka (X1) terhadap kemiskinan (Y), zakat (Z) tidak mampu memoderasi pengaruh antara PDRB (X2) terhadap kemiskinan (Y), zakat (Z) tidak mampu memoderasi pengaruh antara TPAK (X3) terhadap kemiskinan (Y). Kata kunci: Pengangguran Terbuka, PDRB, TPAK, Zakat, Kemiskinan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 15:55
Last Modified: 24 Feb 2023 12:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item