PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA 2015/2016

Sofiana, Miftakhul Feri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
cover 1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu faktornya adalah guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan tanpa menggunakan media, sehingga kemampuan siswa dan kreativitas siswa kurang aktif, menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran dan menimbulkan kejenuhan siswa. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan strategi make a matchdapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi jenis-jenis pekerjaan pada Siswa Kelas III MI Ma’arif Mangunsari SalatigaTahun 2016? Pada dasarnya strategi make a match adalah sebuah strategi pembelajaran dimana siswa diharuskan memilih pasangannya untuk menemukan jawabannya sebelum batas waktu akan mendapat poin, melalui penggunaan strategi ini diharapkan siswa akan lebih mudah memahami pelajaran karena siswa merasa senang saat pembelajaran berlangsung. Tidak seperti apabila menggunakan proses pembelajaran yang lama yaitu yang masih terpusat pada guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan straegi pembelajaran make a matchdapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Jenis-jenis Pekerjaan pada siswa kelas III MI Ma’arif Mangunsari Salatiga. Hal ini dilihat dari hasil analisis data akhir yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 73.68 menjadi 76.47 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90.35. Untuk angka ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 20 siswa atau sebesar 58,82 % meningkat menjadi 25 siswa atau sebesar 73,53% pada siklus I dan menjadi 34 siswa atau sebesar 100% pada siklus II. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II meningkat sebesar 41,18% atau sebanyak 14 siswa. Dengan demikiandapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi make a matchdapat meningkatkan hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaaan pada siswa kelas III MI Ma’arif Mangunsari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2017 03:52
Last Modified: 25 Apr 2017 03:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item