Strategi Contextual Teaching Learning (CTL) mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah pada siswa kelas IV di MI Raudlatul Muta’allimin Bringin Kabupaten Semarang

Rois, Muhamad (2023) Strategi Contextual Teaching Learning (CTL) mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah pada siswa kelas IV di MI Raudlatul Muta’allimin Bringin Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS FINAL ROIS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi Contextual Teaching Learning (CTL) mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah pada siswa kelas IV di MI Raudlatul Muta’allimin Bringin Kabupaten Semarang. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rifqi Aulia Erlangga, M. Hum Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui perencanaan strategi CTL mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah pada siswa kelas IV di MI Raudlatul Muta’allimin Bringin Kabupaten Semarang. (2) Mengetahui implementasi strategi CTL mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah pada siswa kelas IV di MI Raudlatul Muta’allimin Bringin Kabupaten Semarang. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi CTL mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah pada siswa kelas IV di MI Raudlatul Muta’allimin Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi CTL mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah melalui perencanaan pembelajaran yang memuat langkah-langkah penanaman sikap disiplin dan tanggung jawab. Kedua, implementasi strategi CTL mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah yaitu berpedoman kepada tujuh komponen strategi CTL. Komponen tersebut meliputi: konstruktivisme, inquiry, bertanya, learning community, modeling, refleksi, dan penilaian otentik. Ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan strategi CTL mata pelajaran Fiqih dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab beribadah. Faktor pendukung meliputi: kesiapan guru, sarana prasarana, keaktifan siswa, dan lingkungan belajar. Adapun dalam faktor penghambat meliputi: waktu yang terbatas, kemampuan siswa, daan pengawasan yang tidak seimbang antara lingkungan sekolah dengan keluarga. Kata Kunci: Strategi, Contextual Teaching Learning, Disiplin, Tanggung Jawab, Beribadah, Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 21:17
Last Modified: 24 Feb 2023 21:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item