ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

sururi, muhammad miftachus (2023) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Muhammad Miftachus Sururi 23060170084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sururi, M. M. 2023. Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Skripsi, Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: analisis butir soal, level kognitif, (PAT). Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021 / 2022, ditinjau dari level kognitif menurut Teori Taksonomi Bloom, validitasnya, reliabilitasnya, daya pembedanya, dan tingkat kesukarannya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah anak didik kelas VIII A sampai VIII C MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021 / 2022, dengan jumlah 87 anak didik yang diteliti dan objek pada penelitian ini berupa soal dan kunci jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022, Terdiri atas 30 soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan alat bantu berupa program SPSS Version 24.0 dan Microsoft Excel. Butir soal di uji dengan level kognitif teori Taksonomi Bloom, uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa : (1). ditinjau dari level kognitif menurut Teori Taksonomi Bloom, Butir soal yang memiliki level C1 sejumlah 5 soal, C2 sejumlah 3 soal, C3 sejumlah 16 soal, C4 sejumlah 6 soal, C5 Sejumlah 0 soal, dan C6 sejumlah 0 soal. (2). ditinjau dari validitasnya, butir soal yang valid (63.3%) dan yang tidak valid (36.6%). (3). ditinjau dari reliabilitasnya, soal memiliki reliabilitas yang cukup bagus sebesar 0,826. (4). ditinjau dari daya pembeda, butir soal yang termauk dalam kategori tidak baik (13.3%), dalam kategori jelek (23.3%), dalam kategori cukup (23.3%), dalam kategori baik (40%), dalam kategori baik sekali (0%). (5). ditinjau dari tingkat kesukarannya, soal yang tergolong dalam kategori sukar (5%), sedang (63%), mudah (32%). Kualitas soal dinyatakan belum baik, hal tersebut diperoleh dari jumlah soal yang berkualitas baik sebesar (26%), cukup baik (37%) dan tidak baik (37%). Kelebihan dari soal yaitu valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang,dan daya pembeda soal tergolong baik sekali,baik dan cukup sedangkan kekurangannya yaitu tidak memenuhi teori taksonomi bloom dan terdapat 4 soal yang tidak dapat di jawab

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2023 21:29
Last Modified: 24 Feb 2023 21:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16163

Actions (login required)

View Item View Item