STRATEGI RADIO SUARA SALATIGA (SS) DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR MUSLIM DI KOTA SALATIGA (Studi Pada Program Cahaya Pagi)

Putra, James Dean Dejohnnie (2023) STRATEGI RADIO SUARA SALATIGA (SS) DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR MUSLIM DI KOTA SALATIGA (Studi Pada Program Cahaya Pagi). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Putra, James Dean de Johnnie. 2022. Strategi Radio Suara Salatiga (SS) dalam Menarik Minat Pendengar Muslim Di Kota Salatiga (Study Pada Program Cahaya Pagi). Skripsi, Salatiga: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Radio sebagai media dakawah berarti melaksanakan strategi komunikasi merupakan suatu proses manajemen dalam melaksanakan program acara terutama program bagi masyarakat muslim. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana program cahaya pagi pada radio Suara Salatiga. 2) Bagaimana strategi radio Suara Salatiga dalam menarik minat pendengar, khususnya dalam program cahaya pagi. 3) Apa saja faktor penghambat radio Suara Salatiga dalam menarik minat pendengar muslim di Kota Salatiga dan sekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program dakwah “Cahaya Pagi” merupakan program lama yang diperbarui format acaranya. Dahulu program ini bernama “Cahaya Pagi” dengan format acara berisi lagu-lagu Islami diselingi dengan id‟s (station identity)/ call station.Waktu penyiarannya yaitu setiap hari Senin sampai dengan Sabtu pukul 05.00 WIB – 06.00 WIB. Seiring berjalannya waktu, para pendengar mulai menyampaikan keluh kesahnya mengenai kurangnya pengetahuan keagamaan mereka, sehingga ada beberapa pendengar yang memberikan masukan dan saran kepada radio Suara Salatiga 99,9 FM untuk mengadakan program acara yang berisi tausiyah yang membahas tentang kajian Islam.. 2) Strategi yang dilakukan radio Suara Salatiga dalam mempertahankan pendengar untuk mendapatkan simpati pendengar meliputi strategi kesesuaian, pembentukan kebiasaaan, pengontrolan arus pendengar, penyimpanan sumber- sumber program, dan strategi daya penarik 3) Menurut pihak penanggung jawab radio Suara Salatiga dan bagian pelaksana radio Suara Salatiga tidak ada faktor penghambat dalam menarik minat pendengar muslim pada program “Cahaya Pagi”. Hal ini dikarenakan asal mula adanya program “Cahaya Pagi” adalah saran dan masukan dari pendengar yang membutuhkan siraman rohani di pagi hari.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: ?? -- Subyek -- ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2023 16:53
Last Modified: 28 Feb 2023 10:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item