PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP INKLUSI KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Generasi Milenial Kota Salatiga)

Afisa, Iqmahanis (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP INKLUSI KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada Generasi Milenial Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PDF Burn IQMAHANIS AFISA 63020180204 EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi inklusi keuangan syariah studi kasus generasi milenial Kota Salatiga, dengan variabel bebas diantaranya meliputi literasi keuangan syariah, financial technology, dan faktor demografi yang dijabarkan menjadi usia, pendidikan dan pendapatan. Dalam peneltian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer kuesioner yang diberikan kepada 100 generasi milenial Kota Salatiga sebagai sampel. Alat analisis yang digunaka yaitu regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Metode analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan syariah. Financial technology berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan syariah. Usia berpengaruh negatif signifikan. Pendidikan berpengaruh positif tidak signifikan. Pendapatan berpengaruh positif tidak signifikan. Dan literasi keuangan syariah, financial technology, usia, pendidikan dan pendapatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap inklusi keuangan syariah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2023 16:24
Last Modified: 01 Mar 2023 09:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16214

Actions (login required)

View Item View Item