KONVERGENSI PEMBERITAAN SURAT KABAR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA DIGITAL (STUDI PADA HARIAN MAGELANG EKSPRES)

Prameswari, Anindya Putri (2023) KONVERGENSI PEMBERITAAN SURAT KABAR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA DIGITAL (STUDI PADA HARIAN MAGELANG EKSPRES). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Anindya Putri Prameswari 43010180049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan hasil dari perkembangan pemikiran manusia. Dengan hadirnya era media baru (new media) atau era digital, publikasi terkait informasi dalam penyampaian pada masyarakat kini bisa diperoleh dimanapun dan informasi yang disajikan kini lebih cepat. Dengan hadirnya media online, perusahaan media diharuskan melakukan strategi konvergensi dalam memproduksi konten yang dapat menarik bagi masyarakat agar tetap diminati. Konvergensi media merupakan sebuah proses penyatuan teknologi dan media dalam bentuk yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi konvergensi media yang dilakukan Magelang Ekspres, model konvergensi media yang dilakukan oleh Magelang Ekspres, dan faktor pendukung serta penghambat dalam proses konvergensi media di era digital yang dilakukan oleh Magelang Ekspres. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan penanggung jawab/pemimpin redaksi, redaktur, wartawan dan layouter/IT di Magelang Ekspres. Dan sumber sekunder yang dapat berupa foto yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan oleh Magelang Ekspres dalam konvergensi media di era digital adalah menggunakan strategi 3M (Multimedia, Multichanel dan Multiplatform). Konvergensi media yang dilakukan oleh Magelang Ekspres yaitu model konvergensi newsroom dimana dalam hal ini ruang produksi antara media cetak dan online masih dalam 1 ruangan, hanya saja untuk online sudah terealisasikan. Kemudian konvergensi newsgathering dimana wartawan dituntut untuk menjadi multitasking antara media cetak dan online dengan strategi melakukan pelatihan bersama PWI maupun koordinasi rutin redaksi. Selanjutnya, konvergensi content yaitu berkaitan dalam bentuk multimedia dalam hal ini konten antara media cetak dan online di Magelang Ekspres hampir sama hanya saja penyajiannya berbeda. Dalam pelaksanaannya budaya kerja, sumber daya manusia, iklan dan teknologi menjadi faktor pendukung sekaligus penghambat konvergensi. Konvergensi media membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk media online. Setelah melakukan konvergensi maka strategi untuk iklan antara media cetak dan media online harus terus dijalankan. Selain itu konvergensi juga mengubah budaya kerja yang semula single platform menjadi multiplatform.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2023 23:32
Last Modified: 01 Mar 2023 16:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16234

Actions (login required)

View Item View Item