TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PEMERINTAH DESA TIMPIK KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

Mahmudah, Lailatul (2023) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PEMERINTAH DESA TIMPIK KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Lailatul Mahmudah KPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahmudah, Lailatul, 2022. Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Pemerintah Desa Timpik Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci: Pemerintah Desa Timpik, Pelayanan, Kepuasan Masyarakat Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah desa timpik kecamatan susukan kabupaten semarang yang diukur menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Karena berdasarkan pengamatan awal, Pemerintah Desa Timpik telah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, akan tetapi mengenai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah desa di tahun 2021 belum diketahui. Maka ini menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Timpik dengan jumlah responden 100 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan pedoman PERMENPAN No 14 Tahun 2017, pelayanan pada Pemerintah Desa Timpik Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun 2021 masuk dalam kategori Kurang Baik, dimana didapatkan hasil perhitungan IKM keseluruhan 9 unsur dengan nilai konversi IKM = Jumlah NRR Tertimbang x 25 (Nilai Konversi IKM = 3,007 X 25 = 75,175), dengan nilai bobot mutu pelayanan C yang berarti masyarakat Desa Timpik Kurang Puas dengan kualitas pelayanan Pemerintah Desa Timpik. Dapat juga diartikan tingkat kepuasan masyarakat cukup rendah/ kurang tinggi. Adapun berdasarkan indikator kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah desa timpik yang memiliki nilai IKM tertinggi adalah Kewajaran Biaya/tariff Pelayanan = 3,74 dengan nilai konversi 93,5), sedangkan yang memiliki nilai IKM terendah adalah Kecepatan Waktu Penyelesaian Pelayanan = 2,56 dengan nilai konversi 64).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:08
Last Modified: 02 Mar 2023 03:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item View Item