ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKI MEMBAYAR ZAKAT SECARA ONLINE (Studi Kasus Pada Muzaki di Kota Salatiga)

CHOIRUNNISA, AFNY (2023) ANALISI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MUZAKI MEMBAYAR ZAKAT SECARA ONLINE (Studi Kasus Pada Muzaki di Kota Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
[Skripsi] Afny Choirunnisa.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Choirunnisa, Afny. 2023. Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzaki Membayar Zakat Secara Online (Studi Kasus Pada Muzaki di Kota Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi S1 Ekonomi Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Nur Khabib, S.E., M.Si., M.Pd., Ak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan Financial Technology (Fintech) dalam sektor keuangan yang memberikan kemudahan dan proses yang cepat dalam penggunan layanan keuangan. Hal ini membuat konsep penghimpunan dana secara sosial berbasis digital, khususnya dengan memanfaatkan plaftrom digital sebagai salah satu strategi komunikasi yang digunakan untuk menarik muzaki dalam melakukan pembayaran zakat secara non-tunai. Penelitian ini bertujuan meneliti faktor yang mempengaruhi minat masyarakat membayar zakat pada platform online.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah msayarakat kota salatiga yang menggunakan layanan pembayaran zakat non-tunai. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regersi berganda dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 399 responden. Berdasarkan output penelitian menunjukkan bahwa variabel pendapatan muzaki berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat non-tunai masyrakat muslim Kota Salatiga. Religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat non-tunai masyrakat muslim Kota Salatiga. Kepercayaan terhadap situs berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat non-tunai masyrakat muslim Kota Salatiga.Persepsi Kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat membayar zakat non-tunai masyrakat muslim Kota Salatiga. Kata kunci: Pendapatan muzak, Religiusitas, Kepercayaan, label halal, Persepsi Kemudahan, minat membayar zakat

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 21:33
Last Modified: 02 Mar 2023 14:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

View Item View Item