STUDI ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP RETORIKA DAKWAH ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN K.H. ABDULLAH GYMNASTIAR, K.H. M. ARIFIN ILHAM, DAN K.H. YUSUF MANSUR (Pendekatan Mikro dan Makrostruktural),

Pd., Drs. Bahroni, M. (2023) STUDI ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP RETORIKA DAKWAH ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN K.H. ABDULLAH GYMNASTIAR, K.H. M. ARIFIN ILHAM, DAN K.H. YUSUF MANSUR (Pendekatan Mikro dan Makrostruktural),.

[img] Text
PENELITIAN 2015.pdf

Download (990kB)

Abstract

Aktivitas mendakwahkan agama Islam—selanjutnya disebut dakwah —semakin berkembang di hampir semua lapisan masyarakat. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan ruhani masyarakat yang senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan jasmani atau duniawi mereka. Faktor lain yang mendukung perkembangan dakwah adalah fakta bahwa Indonesia merupakan satu negara besar dengan komunitas muslim terbanyak di dunia. Dakwah merupakan hal yang sangat strategis. Oleh karena itu, aktivitas tersebut tidak luput dari liputan media massa, baik cetak maupun eletronik, baik offline maupun online. Di antara da’i asli Indonesia yang sangat dikenal oleh masyarakat luas adalah K.H. Muhammad Arifin Ilham (Arifin), K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan K.H. Yusuf Mansur (YM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah wujud kohesi gramatikal retorika dakwah Aa Gym, Arifin, dan YM?; (2) bagaimanakah wujud kohesi leksikal retorika dakwah Aa Gym, Arifin, dan YM?; serta (3) bagaimanakah tanggapan pendengar/pemirsa retorika dakwah Aa Gym, Arifin, dan YM? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan wujud kohesi gramatikal retorika dakwah Aa Gym, Arifin, dan YM; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan wujud kohesi leksikal retorika dakwah Aa Gym, Arifin, dan YM; serta (3) mendeskripsikan dan menjelaskan tanggapan pendengar/pemirsa retorika dakwah Aa Gym, Arifin, dan YM.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 21:47
Last Modified: 02 Mar 2023 21:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item