Mudasir, Ahmad (2017) Pendidikan Karakter dalam Tafsir Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 133 sampai 136. Other thesis, IAIN Salatiga.
Text
bakar cd ahmad mudasir.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter yang terkandung dalam tafsir al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133 sampai 136. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimanakah konsep pendidikan karakter menurut al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133-136? 2) Bagaimanakah aktualisasi pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari menurut al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133-136? Penelitian yang digunakan oleh peneliti ini termasuk dalam jenis penelitian literatur, atau penelitian kepustakaan/library research,baik berupa buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Dalam hal ini penulis mengumpulkan data skripsi ini dengan mengacu pada sumber-sumber kepustakaan seperti buku, majalah, artikel dan jurnal. Dalam penelitian literatur ini, penulis mengacu beberapa sumber yang sesuai dengan topik yang bersangkutan, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primernya yaitu Al-Qur’an dan Hadist Nabi yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Sedangkan sumber sekundernya yaitu tafsir Al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan buku para ahli yang berkaitan dengannya. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan metode diskriptif analisis dan metode induktif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam tafsir al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133 sampai 136 adalah pendidikan karakter yang ditanamkan kepada peserta didik dalam membentuk kepribadian yang baik bagi mereka dan menyempurnakan diri peserta didik secara terus-menerusdengan selalu bergegas dalam kebaikan. Dan aktualisasi pendidikan karakter mengenai tafsir surat Ali Imran ayat 133-136 dalam kehidupan sehari-hari peserta didik antara lain: 1) Pendidik menanamkan kepada peserta didik agar membiasakan menginfakkan hartanyadanharus didasari lillahi ta’ala. 2) Peserta didik dapat memanage emosi, dan pendidik senantiasa menumbuhkan rasionalitas kepada peserta didikuntuk mengalahkan emosi. 3) Pendidik menanamkan toleransi kepada peserta didik agar memaafkan kesalahan orang lain dan memiliki kemuliaan jiwa. 4)Peserta didik memiliki kesadaran untuk cepat mengkoreksi diri dan cepat memperbaiki diri 5) Peserta didik dapat membiasakan diri berbuat kebaikan yang berlebih seperti yang disebutkan di atas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 04:53 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 04:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
View Item |