PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PENGANGGURAN DAN TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA (TPAK) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI ZAKAT INFAQ SHODAQOH (ZIS) SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI PROVINSI JAWA TENGAH ( 2017-2021)

Fatimah, Siti (2023) PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PENGANGGURAN DAN TINGKAT PARTISIPASI ANGKATAN KERJA (TPAK) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI ZAKAT INFAQ SHODAQOH (ZIS) SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI PROVINSI JAWA TENGAH ( 2017-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NASKAH SKRIPSI FATIMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya laju pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah di antara beberapa provinsi yang ada di pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi melalui Zakat Infaq Shodaqoh sebagai variabel moderating di Provinsi Jawa tengah (2017-2021). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang berasa dari website resmi BPS dan laporan keuangan BAZNAS Jawa Tengah. Data yang digunakan dalam penelitiam adalah data panel dengan penggabungan data cross section sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, dengan pengambilan sampel menggunkan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistic deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi data panel, uji statistic T, uji F, uji R2, uji asumsi klasik dan uji moderated Regression Analysis (MRA). Alat analisis menggunakan Eviews 9 dengan analisis regresi terpilih Fixed effect model (FEM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penganggurn berpengaruh negative tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, tingkat partisipasi angkatan kerja berpengaruh positif tidak signifikan, sedangkan ZIS mampu memoderasi pengaruh Indeks Pembangunan Manusia terhadap Pertumbuhan ekonomi, dan ZIS tidak mampu memoderasi hubungan pengangguran dan tingkat partisipasi Angkatan kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah (2017-2021)

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 15:41
Last Modified: 03 Mar 2023 15:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item