HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS XII JURUSAN OTKP SMK NEGERI 1 SALATIGA

Istikomah, (2023) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS XII JURUSAN OTKP SMK NEGERI 1 SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ISTI 23 feb nte.docx.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui variasi tingkat kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi pada siswa kelas XII jurusan OTKP SMK Negeri 1 Salatiga. (2) untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan berkomunikasi pada siswa kelas XII jurusan OTKP SMK Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan menyebarkan dua jenis skala, yaitu skala kepercayaan diri dan skala keterampilan berkomunikasi yang disebarkan dengan bantuan google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan berkomunikasi pada siswa kelas XII jurusan OTKP SMK Negeri 1 Salatiga dengan derajat hubungan berkorelasi rendah yaitu 0,368 dan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan analisis deskriptif data tentang kepercayaan diri pada siswa kelas XII jurusan perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga dalam kategori tinggi dengan nilai presentase 52,3% atau 44 siswa dan untuk analisis deskriptif data tentang keterampilan berkomunikasi pada siswa kelas XII jurusan OTKP SMK Negeri 1 Salatiga dalam kategori sedang dengan nilai presentase sebesar 91,6% atau 77 siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 17:48
Last Modified: 03 Mar 2023 10:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16263

Actions (login required)

View Item View Item