ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Cahyani, Tutik Dwi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Tutik Dwi Cahyani fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Cahyani, Tutik, Dwi. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci : pemecahan masalah, persamaan garis lurus, representasi matematika Tujuan penelitian ini antara lain : (1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika subyek yang menguasai satu macam representasi matematis. (2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika subyek yang menguasai dua macam representasi matematis. (3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika subyek yang menguasai tiga macam representasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berasal dari kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini terdiri dari satu subyek yang menguasai satu macam representasi matematis, satu subyek yang menguasai dua macam representasi matematis, dan satu subyek yang menguasai tiga macam representasi matematis. Teknik pengumpulan data dengan tes dan wawancara, sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang, pada materi persamaan garis lurus antara lain : (1) subyek ERT yang menguasai satu macam representasi matematis mampu memahami masalah, mampu merencanakan sebagian pemecahan masalah, mampu menjalankan sebagian rencana pemecahan masalah, dan tidak dapat memeriksa kembali hasil yang diperoleh dengan cara yang berbeda. (2) subyek AHGM yang menguasai dua macam representasi matematis mampu memahami masalah, mampu merencanakan sebagian besar pemecahan masalah, mampu menjalankan sebagian besar rencana pemecahan masalah, dan tidak dapat memeriksa kembali hasil yang diperoleh dengan cara yang berbeda. (3) Subyek PASK yang menguasai tiga macam representasi matematis mampu memahami masalah, mampu merencanakan semua pemecahan masalah, mampu menjalankan rencana pemecahan masalah, dan tidak dapat memeriksa kembali hasil yang diperoleh dengan cara yang berbeda.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 17:49
Last Modified: 03 Mar 2023 17:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16264

Actions (login required)

View Item View Item