Implementasi Nilai-Nilai Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tuntang.

HARSIWII, OSINATRIA PUNDI SRI (2023) Implementasi Nilai-Nilai Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tuntang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
OSINATRIA_12010200004-1-dikompresi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Harsiwi, Osinatria P. S. 2022. Implementasi Nilai-Nilai Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tuntang. Tesis. Magister Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing : Prof. Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tuntang dan bertujuan untuk (1) Menemukan desain implementasi nilai-nilai cinta tanah air dalam pembelajaran PAI melalui pendekatan humanistik pada siswa kelals X SMAl Negeri 1 Tuntang. (2) Menemukan proses implementasi nilali-nilali cinta tanah air dalam pembelajaran PAI melllui pendekatan humanistik pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tuntalng. (3)Menemukaln bagaimana evaluasi implementlsi nilali-nilai cinta talnalh alir dallalm pembelaljalraln PAlI melallui pendekatan humanistik pada siswa kelals X SMAl Negeri 1 Tuntalng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan humanistik berdasarkan studi kasus yang diperoleh peneliti di lapangan. Teknik pengumpulan datalyang digunakan dalam penelitan ini yakni observalsi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustalkal. Anallisis data dilakukan secara bersamaan, yaitu penyaljialn daltal/displaly, reduksi daltal daln penarikan kesimpulaln/verifikalsi. Hasil peneitian memaparkan adanya penerapan pembelajaran agama melalui pendekatan humanistik dengan ciri mengedepankan pada aktualisasi diri siswa dan pemahaman pengetahuan dilengkapi dengan sikap afektif secara khusus tentang nilai-nilai cinta tanah air. Pelaksanaan pembelajaran PAI melalui tahapan yang runtut dari menyiapkan materi hingga melaporkan diskusi. Falktor yalng mendukung proses pembelajaran yaitu: keinginaln pesertal didik untuk menjaldi pribaldi yalng lebih balik, sarana atau fasilitas yalng memadali untuk pelalksalnalaln progralm upacara laltalu proses pembelaljalraln, daln lingkungaln yalng balik. Aldalpun falktor penghalmbalt proses pembelajaran yaitu pesertaldidik yang kurang aktif dalam pembelajaran, falslitas yalng kurang memadali seperti mushola sehingga peserta didik halrus bergantian dalam melaksanakan ibadah sholat, keterbatasaln interaksi antara guru, siswa, dan perhatian dari orangtua. Kata kunci : Cinta tanah air, Pendekatan humanistik, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 18:40
Last Modified: 03 Mar 2023 18:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16265

Actions (login required)

View Item View Item