IMPLEMENTASI STRATEGI BERMAIN KERETA-KERETAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP UKURAN DI BA AISYIYAH KALIKUTO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wicaksana, Muhammad Hafidz (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI BERMAIN KERETA-KERETAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP UKURAN DI BA AISYIYAH KALIKUTO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
naskah skripsi M.Hafidz.W 1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi bermain kereta-keretaan untuk mengembangkan aspek kognitif dalam meningkatkan pemahaman konsep ukuran pada anak kelompok B atau anak usia 5-6 tahun di BA Aisyiyah Kalikuto tahun pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi bermain kereta-keretaan untuk mengembangkan aspek kognitif dalam meningkatkan pemahaman konsep ukuran di BA Aisyiyah Kalikuto tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa data primer yakni wawancara dengan kepala sekolah, wali kelas kelompok B, perwalikan wali murid kelompok B, dan perwakilan murid kelompok B di BA Aisyiyah Kalikuto. Sedangkan data sekunder berupa foto hasil observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian: (1) penggunaan strategi bermain kereta-keretaan dapat mengembangkan aspek kognitif dalam meningkatkan pemahaman konsep ukuran pada anak kelompok B di BA Aisyiyah Kalikuto, hal ini dapat dibuktikan melalui penerapan strategi bermain kereta-keretaan anak menjadi bisa membedakan dan membandingkan mengenai konsep ukuran seperti panjang-pendek, lebar-sempit, besar-kecil, banyaksedikit, berat-ringan, dan tinggi-rendah. (2) Faktor pendukung penerapan strategi bermain kereta-keretaan ini yaitu halaman yang cukup luas, dukungan dari pihak wali murid, dan proses pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat penerapan strategi bermain kereta-keretaan ini yaitu terkadang saat menerapkan strategi ini bertubrukan dengan anak-anak MI Al-Iman Kalikuto, absensi anak yang tidak pasti masuk semua, dan suasana hati anak yang kurang stabil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 20:25
Last Modified: 03 Mar 2023 20:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16269

Actions (login required)

View Item View Item