Purbasari, Wulan. 2022. Jenis Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran di Era Pandemi dan Pasca Pandemi Covid19 (Studi Kasus di SMP N 1 Pleret Bantul, DIY Tahun 2022). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana IAIN Salatiga

Purbasari, Wulan (2023) Purbasari, Wulan. 2022. Jenis Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran di Era Pandemi dan Pasca Pandemi Covid19 (Studi Kasus di SMP N 1 Pleret Bantul, DIY Tahun 2022). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana IAIN Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS WULAN PURBASARI M.Pd. 2023(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Jenis komunikasi guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran di era pandemi, (2) Jenis komunikasi guru pendidikan agama islam pada era pasca pandemi, (3) Faktor penghambat komunikasi guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran di era pandemi dan pasca pandemi covid19. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada bapak/ibu guru pengampu pendidikan agama islam SMP N 1 Pleret Bantul, walimurid siswa dan siswa SMP N 1 Pleret Bantul kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif Hasil penelitian menunjukkkan bahwa (1) Jenis komunikasi guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran di era pandemi menggunakan jenis komunikasi interpersonal, (2) Jenis komunikasi guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran pasca pandemi menggunakan jenis komunikasi interpersonal dan komunikasi pembelajaran, (3) faktor penghambat yaitu hambatan mekanis adalah gangguan pada alat/media dan suara tidak jelas pada saat komunikasi berlangsung, hambatan jaringan yaitu jaringan internet yang tidak memadai, hambatan situasional adalah hambatan terjadi saat proses komunikasi antara orang tua dengan guru yaitu kondisi orang tua yang terkadang terkendala adanya kesibukan seperti bekerja, ada kepentingan lain, dan mengurus rumah tangga, hambatan psikologis dapat berupa kondisi sesorang sebagai penerima pesan yang sedang gelisah, bingung, marah, kecewa, dan sebagainya, hambatan semantis merupakan hambatan yang berkaitan dengan bahasa yang digunakan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan. Pengirim pesan harus benar-benar memperhatikan pola bahasa yang digunakan seperti salah ucap, salah tulis, dan salah tafsir yang menimbulkan salah pengertian sehingga komunikasi tidak dapat berjalan lancar. Kata kunci : Jenis komunikasi, guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran di era pandemi dan pasca pandemic covid19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2023 20:44
Last Modified: 03 Mar 2023 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

View Item View Item