TERAPI REALITAS DENGAN METODE TAWAKAL UNTUK MENGURANGI TRAUMA BROKEN HOME PADA SISWA KELAS VII F MTs N 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

agatha, Salsa salbilla (2023) TERAPI REALITAS DENGAN METODE TAWAKAL UNTUK MENGURANGI TRAUMA BROKEN HOME PADA SISWA KELAS VII F MTs N 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agatha Salbilla, Salsa. 2022. Terapi Realitas Dengan Metode Tawakal efektif Untuk Mengurangi Trauma Boken Home Pada Siswa Kelas VIII F MTs Negeri I Klaten Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi, Progam Studi: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr.Wahidin,M.Pd. Kata kunci : Konseling Individu, Metode Tawakal, Teknik Realitas, Trauma Akibat Broken home, Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran siswi yang mengalami trauma akibat broken home 2) Tingkat perilaku akibat trauma broken home siswa setelah diterapkan layanan konseling dengan metode tawakal dan teknik realitas 3) efektivitas metode tawakal dan teknik realitas dalam menangani trauma siswa akibat broken home siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan design Baseline A–Interveksi B–Baseline A eksperimen yaitu pretest dan posttest penelitian yang menggunakan single subject dengan memberi perlakuan kepada individu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen pada subjek. Waktu dilakukan penelitian adalah pada bulan juni-september populasi yang digunakan sebagai pretest 30 siswa kelas VIII F MTs N I klaten sedangkan sampel yang di dapat berjumlah 1 siswa yang memiliki tingkat trauma tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan konseling individu efektif untuk menurunkan trauma akibat broken home siswa yang menyebabkan mereka menjadi berperilaku menyimpang hal ini dapat dilihat dari hasil pretest merupakan hasil dari Intervensi B- Basline A yang semula dalam kategori tinggi 60 menjadi posttest dengan kategori yang rendah yaitu 36. Ho ditolak dan Ha diterima hal ini diperoleh dari Uji T satu sampel yaitu 72,9 maka nilai (2-signifikan) yaitu 0,00 < 0,05.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2023 23:13
Last Modified: 04 Mar 2023 23:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16274

Actions (login required)

View Item View Item